Manfaat sawi bagi kesehatan tubuh

Senin, Mei 2nd, 2016 - Cara Budidaya, Perkebunan, Tanaman Obat

Manfaat Sawi – dikenal dengan nama lain Holtikultura, merupakan jenis tanaman sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat dan keuntungan bagi orang yang mengkonsumsinya. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam sawi sangat banyak dan beraneka ragam, mulai dari vitamin C, vitamin A, vitamin K, karotenoid, flavonoid, thiamin, fosfor, asam pantotenat, kalium, dan fitonutrien.

Manfaat sawi bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin, dapat menjadi sumber serat alami bagi tubuh dan sebagai nutrisi untuk melengkapi kebutuhan gizi sehari-hari. Ada setidaknya 7 manfaat yang didapatkan oleh tubuh ketika mengkonsumsi sawi, manfaat sawi tersebut akan diuraikan lebih lanjut.

manfaat sawi

7 Manfaat Sawi Bagi Kesehatan Tubuh

Sawi dapat Meminimalisirkan Resiko Diabetes Tipe 3

Salah satu manfaat sawi bagi tubuh ialah dapat meminimalisirkan resiko dari penyakit diabetes tipe 2, karena sawi kaya akan kandungan asam alfa-linoleat serta asam lemak omega 3 yang juga sangat berguna bagi kesehatan otak. Selain itu, kandungan 2 jenis asam tersebut juga dapat meningkatkan kesehatan janung, sehingga membuat sawi menjadi sayuran yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Sawi dapat Membantu Melawan Radang serta Pembentukan Plak pada Arteri

Karena sawi mengandung fitonutrien dan quercetin, 2 kandungan tersebut dapat membantu melawan peradangan serta pembentukan plak yang terjadi pada pembuluh arteri dan  sulforaphane. Namun ada makanan lain yang dibutuhkan untuk melawan penyakit tersebut, yakni alpukat dan minyak zaitun.

Sawi dapat Memaksimalkan Diet

Manfaat sawi bagi kesehatan tubuh selanjutnya ialah untuk menurunkan berat badan. Sawi memiliki serat yang banyak namun rendah akan kalori, mengkonsumsi sawi dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Sawi juga dapat Membantu Memulihkan Penyakit Alzheimer

Manfaat sawi yang selanjutnya ialah dapat membant pemulihan penyakit Alzheimer, dengan kandungan vitamin  yang dapat membantu fungsi tulang serta pengembangan sistem osteotrofik pada tulang.

Baca Juga :   Teknik Budidaya Jagung Efektif Dan Efisien

Sawi dapat Melawan Kanker

Penyakit yang cukup berbahaya ialah penyakit kanker, Masalah kanker sampai saat ini masih belum ada obatnya. Penyakit kanker hanya bisa diselesaikan dengan cara operasi, tapi untuk pengobatannya masih belum ditemukan. Dengan mengkonsumsi sawi, manfaat sawi dapat mencegah  dan melawan penyakit kanker seperti kanker payduara, usus, prostat, dan juga kanker ovarium.

Sawi dapat Mengontrol Kolesterol

Manfaat sawi lainnya ialah sebagai pengontrol kadar kolesterol, dengan kandungan serat yang tinggi pada daun hijau tuanya. Selain itu juga, kandungan serat tersebut dapat juga melindungi serta mencegah wasir, sembelit, dan penyakit usus besar (kaker usus besar).

Sawi dapat Mencegah terjadinya Cacat pada Bayi

Selanjutnya mengenai manfaat sawi ialah dapat mencegah terjadinya kecacatan pada bayi, kandungan asam folat yang terdapat pada sawi sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan pada bayi.

Manfaat sawi bagi kesehatan tubuh | Kelompok Tani | 4.5
Leave a Reply