Macam- Macam Varietas Padi Unggul Yang Ada di Indonesia

Kamis, Mei 12th, 2016 - Pertanian, Tanaman Pangan

Varietas Padi Unggul- Indonesia yang pernah menyandang negara lumbung padi ini memang sebagian besar masyarakatnya hidup dengan cara bercocok tanam/ bertani. Untuk menghasilkan padi yang berkualitas dengan kuantitas yang banyak memang ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Namun dari beberapa faktor yang ada, faktor pemilihan varietas bibit padi merupakan faktor penentu bagus tidaknya ketika panen. Oleh karena itu banyak lembaga, tim reserch dan pemerintah terus berupaya untuk memunculkan varietas baru yang mudah perawatanya, kebal terhadap hama dengan hasil yang memuaskan. Jenis padi yang semacam itulah biasa disebut dengan varietas padi unggul.

Jika kita mengklasifikasikan jenis/ varietas padi yang ada di Indonesia, pada dasarnya kita bisa mengelompokkan menjadi tiga jenis varietas padi. Pertama, jenis varietas padi Hibrida. Kedua, jenis varietas padi loka. Dan ketiga, jenis varietas padi unggul. Semuanya memiliki kelebihan masing- masing. Namun yang paling banyak dikembangkan saat ini adalah varietas dari padi unggul. Oleh karena itu tak ayal jika jenis padi unggul ini memiliki berbagai macam varietas yang bisa disesuiakan dengan karakter dan kontur tanah yang akan ditanami.

Varietas Padi Unggul

Varietas Padi Unggul sendiri merupakan jenis varietas yang bisa ditanam berkali- kali. Artinya, jenis padi seperti ini bisa dijadikan benih. Bahkan ada pernah yang mencoba hingga 10 kali tanam dengan hasil yang tetap sama. Hal ini tentu berbeda dengan jenis padi yang lainya yang tidak bisa ditanam lagi pasca panen. Selain itu perbedaan yang mencolok dari varietas padi unggul adalah jenis padi ini biasanya dikeluarkan langsung oleh pemerintah melalui SK Kementerian Pertanian. Oleh karena itu jangan heran jika anda menemukan benih padi seperti ini dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca Juga :   Mengenal Benih Padi Unggul Lebih Dekat Lagi

Adapun jenis padi yang termasuk kedalam varietas padi unggul adalah Chierang, IR- 64, Cimelati, Mekongga, Cisadane, Ciboga, Ciliwung, Situbagendit, Fatmawati, Sintanur, Inpari 2, 22, 23, 24, 26 dan seterusnya. Adapun karakteristik dari varietas padi unggul adalah:

  • Varietas Unggul Baru (VUB)

Kelompok tanam padi yang memiliki karakteristik umur dengan kisaran 100 hingga 135 HSS (Hari Setelah Sebar). Anakan banyak dan bermulai lebat (lebih dari 20 tunas dengan kurang lebih 150 gabah/ tunas)

  • Varietas unggul tipe baru (VUTB)

Kelompok tanaman padi ini memiliki karakteristik dengan postur tanaman yang tegap, memiliki daun lebar serta berwarna hijau tua dengan anak lebih dari 15 tunas dan berumur 100 hingga 135 HSS. Jenis varietas padi unggul ini berpotensi menghasilkan lebih dari 8 ton/ ha.

  • Varietas unggul Hibrida (VUH)

Kelompok tanaman padi yang terbentuk dari beberapa individu- individu generasi pertama (F1). Varian ini berasal dari kombinasi persilangan dari 2 varietas padi yang mempunyai karakteristik dengan potensi hasil yang lebih tinggi dari variates unggulan hibrida lainya.

Bagaimana sekarang sudah ada gambaran bukan tentang Varietas Padi Unggul. Dengan berbekal sedikit pengetahuan ini diharapkan nantinya anda akan mendapatkan panen yang berkualitas dengan jumlah kuantitas yang banyak. Karena sekali lagi, jenis bibit padi yang kita tanam akan berpengaruh besar  terhadap hasil panen kita kelak. Selain itu, tidak semua jenis tanah cocok ditanami dengan varietas tanaman padi tertentu. Harus ada kesesuian antara jenis padi dengan kontur tanah yang ada. Demikianlah ulasan tentang macam- macam varietas padi unggul di Indonesia. semoga informasi ini bisa bermanfaat. Sekian dan terimakasih!

Macam- Macam Varietas Padi Unggul Yang Ada di Indonesia | Kelompok Tani | 4.5
Leave a Reply