Langkah Menanam Tanaman Sawi Hidroponik

Senin, Mei 2nd, 2016 - Hidroponik, Tanaman Sayur

Tanaman Sawi Hidroponik – Tanaman hidroponik merupakan salah satu tanaman yang ditanam pada media lain selain tanah, tanaman jenis ini dapat ditanam di ruangan sempit yang terkena sinar matahari. Sistem budidaya tanaman hidroponik saat ini banyak digunakan, karena sistem ini tidak memerlukan media tanah pada proses penanamannya. Salah satu tanaman yang dapat ditanam dengan sitem / teknik hidroponik ini ialah sawi.

tanaman sawi hidroponik

Tanaman sawi hidroponik merupakan salah satu tanaman hasil tanam dengan sistem hidroponik. Hasil dari tanaman hidroponik ini biasanya lebih mulus daunnya dan lebih bersih. Teknik menanam tanaman sayuran dengan sistem ini banyak dilakukan di negara-negara modern dan lebih maju, karena lahan untuk pertanian sangat minim di negara tersebut. Ada beberapa langkah untuk menanam tanaman sawi hidroponik ini, berikut beberapa langkah praktis dalam menanam tanaman hidroponik:

Menanam Tanaman Sawi Hidroponik

Persiapan Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan unuk menanam tanaman sawi hidroponik ini diantaranya benih sawi itu sendiri. Benih sawi merupakan bahan utama yang diperlukan, selain itu juga ada media tanam hidroponik yang diinginkan (misalnya botol minuman bekas) jika menggunakan sistem sumbu. Bahan lain yang diperlukan adalah pupuk, sumbu, air, nutrisi untuk tanaman, dan alat pembantu lainnya.

Melakukan Penaburan Benih

Sebelum melakukan penanaman secara langsung, sebaiknya benih yang akan ditanam ditaburkan dahulu di dalam rockwool untuk melakukan penyemaian. Langkah menanam tanaman sawi hidroponik ini agar tanaman sawi tersebut dapat tumbuh dengan baik, selain itu media rockwool merupakan media terbaik untuk melakukan penyemaian karena bersih, praktis dan memilki daya serap air yang tinggi.

Membuat Media Tanam yang Diinginkan

Media tanam untuk tanaman sawi hidroponik ini menggunakan sistem sumbu, lahan yang diperlukan cukup sederhana yakni botol plastik yang nantinya akan dibagi menjadi 2 bagian dan diberi sumbu untuk pengaliran air. Botol plastik yang telah diberi sumbu akan di beri humus sedikit pada bagian atas botolnya. Usahakan lubang untuk sumbu tidak terlalu besar sehingga sumbu tidak mudah merosot.

Baca Juga :   Menanam Kangkung Di Rumah

Mempersiapkan Nutrisi yang Diperlukan

Nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman sawi hidroponik ini sebenarnya cukup dari aliran air, kaena pada dasarnya dalam air terkandung nutrisi yang cukup untuk melakukan pertumbuhan. Untuk penambahan nutrisi dapat diambahkan dengan cara melarutkan nutrisi ke dalam air yang nantinya akan dialirkan melalui sumbu. Berikan nutrisi secukupnya, jangan berlebihan.

Melakukan Pemindahan Sawi

Jika umur sawi sudah cukup tua, langkah selanjutnya ialah dengan memindahkan sawi ke dalm botl yang telah diisi dengan humus. Lakukan pemindahan secara hati-hati agar akar sawi tidak putus.

Melakukan Terapi Pengobatan Sawi

Langkah selanjutnya dalam menanam tanaman sawi hidroponik ialah melakuan pengobatan atau perawatan tumbuhan sawi ini. Perlu diperhatikan jumlah air yang dialirkan dan pH tanah, selain itu kontak dengan cahaya matahari seta jumlah panas yang diterima juga perlu dilakukan agar tanaman sawi hidroponik ini tumbuh dengan baik.

Langkah Menanam Tanaman Sawi Hidroponik | Kelompok Tani | 4.5
Leave a Reply