Keunggulan Budidaya Tanaman Pangan Padi Organik Dengan Metode SRI

Selasa, Januari 5th, 2016 - Tanaman Pangan

Bagi anda yang gemar bercocok tanam maka tidak ada salahnya jika dapat mengetahui beberapa keunggulan budidaya tanaman pangan padi organik dengan metode SRI, khususnya bagi para petani memang biasa menanam padi di sawah untuk menghasilkan produk pangan seperti beras dengan kualitas unggulan. Metode-metode seperti itu seharusnya sudah diketahui oleh sebagian besar petani pada umumnya, terlebih negara kita ini terkenal sebagai negara Agraris yang kaya akan lahan dan hasil alamnya, maka dari itulah sudah seharusnya masyarakat di negara kita ini dapat sukses ketika membudidayakan berbagai macam hasil alam khususnya padi.

Keunggulan Budidaya Tanaman Pangan Padi Organik Dengan Metode SRI

Karena sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa pada saat ini Indonesia yang terkenal sebagai negara Agraris masih harus mengimport beras dari negara lain, hal tersebut jelas menunjukan masih kurang dan tidak berdayanya sumber daya manusia di negara kita ini khususnya ketika membudidayakan tanaman pangan tersebut. Oleh karena itulah mengapa sudah seharusnya jika kita sebagai masyarakat Indonesia perduli akan hal tersebut, sehingga selain dapat membantu perekonomian negara juga akan dapat membantu kesejahteraan rakyat di seluruh tanah air ini.

Keunggulan Budidaya Tanaman Pangan Padi Organik Dengan Metode SRI

Salah satunya adalah dengan mengetahui berbagai macam metode budidaya tanaman pangan seperti dengan menggunakan metode SRI atau System of rice Intensification, karena diketahui terdapat cukup banyak keunggulan budidaya tanaman pangan padi organik dengan metode SRI tersebut. Berikut ini adalah beberapa keunggulannya :

  • Merupakan tanaman pangan hemat air, karena selama masa pertumbuhannya hanya akan mebutuhkan tinggi air max hingga 2cm hingga panen.
  • Hemat biaya karena benih yang dibutuhkan hanya mencapai 5kg untuk setiap hektarnya.
  • Hemat waktu juga karena bibit ditanam 5 hingga 12 hari setelah proses semai, sehingga waktu panen pun akan datang leih awal.
  • Tingkat produksi yang dapat meningkat, sudah terbukti dapat mencapai 11 ton untuk setiap satu hektar lahan.
  • Ramah lingkungan karena tidak membutuhkan pupuk dengan bahan kimia melainkan cenderung menggunakan pupuk organik.
Baca Juga :   Cara Budidaya Tanaman Pangan Jagung

Metode SRI tersebut digunakan bertujuan agar tingkat produktivitas padi dapat sukses hingga dua kali lipat saat panen, dan hal tersebut memang diketahui sudah berhasil ddi beberapa tempat di wilayah tanah air ini. Demikian diatas tadi adalah sedikit ulasan mengenai keunggulan budidaya tanaman pangan padi organik dengan metode SRI yang telah kita ketahui bersama, semoga sedikit informasi budidaya tanaman diatas dapat membantu serta bermanfaat untuk anda semuanya.

Keunggulan Budidaya Tanaman Pangan Padi Organik Dengan Metode SRI | Tanaman | 4.5
Leave a Reply