Cara Menanam Jahe dengan Baik dan Mudah

Selasa, Mei 3rd, 2016 - Cara Budidaya, Perkebunan, Tanaman Obat

Cara Menanam Jahe – Pada dasarnya menaman jahe adalah hal yang mudah, karena tumbuhan jahe dapat dengan mudah tumbuh pada media sederhana sekalipun. Meskipun tidak dirawat dengan baik, jahe tetap bisa tumbuh dengan optimal. Jahe memang memiliki banyak manfaat, sehingga tumbuhan jahe ini juga banyak ditanam oleh masyarakat Indonesia yang khususnya berada di daerah pedesaan.

Cara menanam jahe dapat dilakukan diberbagi media, seperti polybag, pot, karung kecil, botol bekas aqua atau media lain yang memungkinkan. Tumbuhan ini memang merupakan tumbuhan yang mudah untuk ditanam pada media apapun, serta tumbuhan ini dapat tumbuh dengan baik meskipun tanpa memerlukan perawatan khusus seperti pada tanaman lainnya. Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan ketika ingin menanam jahe beikut akan diterangkan lebih lanjut.

cara menanam jahe

Cara Menanam Jahe dengan Mudah

Cara menanam jahe untuk pemula, dapat dilakukan dengan step pertama yakni menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Peralatan yang dibutuhkan untuk menanam jahe ini ialah sekop ataupun alat lain untuk menggemburkan tanah, jika ingin menggunakan polybag atau pot sebagai media tanam sebaiknya disiapkan terlebih dahulu.

Selain daripada pot atau polybag, tanaman jahe ini juga dapat ditanam di pekarangan rumah dengan disatukan dengan tanaman lainnya. Cara menanam jahe ini sangat mudah, bibit jahe yang telah disiapkan. Bibit jahe yang dimaksudkan ialah jahe yang diambil dari hasil tanam yang kemudian disimpan pada tempat lembab hingga pada akhirnya mengeluarkan tunas. Tunas yang tumbuh pada bibit jahe tersebut dipotong dan kemudian direndam selama 8 jam pada larutan agrimicin.

Jika media cara menanam jahe ini yang ingin Anda gunakan adalah polybag, Anda juga perlu menyiapkan tanah humus serta sekam untuk membantu pertumbuhan tanaman jahe ini. Tanah humus dan sekam sangat membantu pertumbuhan jahe dengan cepat dan baik. Jika semua peralatan yang dibutuhkan sudah disediakan, kegiatan menanam jahe ini dapat dimulai.

Baca Juga :   Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok

Untuk cara menanam jahe selanjutnya ialah dengan mencampurkan tanah humus, pupuk kandang, dan sekam menjadi satu. Pencampuran yang dilakukan harus berbanding 3:1, pencampuran 3 kali tanah dan 1 ember pupuk campuran. Kemudian tanah yang sudah dicampurkan dengan pupuk tersebut dimasukan ke dalam polybag atau pot yang akan digunakan, takarannya kurang lebih ¾ dari ukuran pot atau polybag yang digunakan dan selanjutnya sisipkan bibit jahe.

Pada step di atas, Anda sudah selesaikan cara menanam jahe dengan baik. Langkah selanjutnya dalam cara menanam jahe ialah dengan melakukan perawatan. Perawatan yang dilakukan sangat sederhana, pada mingg pertama penyiraman dilakukan secara rutin. Setelah jahe cukup tumbuh dengan besar penyiraman ini dapat dihentikan dan mulai pemberian pupuk. Saat tumbuhan jahe sudah besar, sebaiknya pemberian air dilakukan lebih sedikit dan jangan lupa untuk merawat jahe dari serangan hama karena dapat merusak tumbuhan jahe.

Cara Menanam Jahe dengan Baik dan Mudah | Kelompok Tani | 4.5
Leave a Reply