Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Pekarangan Rumah

Selasa, Juli 19th, 2016 - Cara Budidaya, Hidroponik, Perkebunan

Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Pekarangan Rumah – Cara bertanam sederhana cocok diterapkan pada skala rumah tangga. Lahan sempit bukan halangan untuk bertanam. Dengan menggunakan media tanam, bibit serta teknik tertentu, bertanam menggunakan Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Pekarangan Rumah adalah solusi jitu mengakali keterbatasan lahan.

Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Pekarangan

Anda bisa bertanam hidroponik sederhana menggunakan sistem wick/ sumbu. Kelebihan sistem sumbu yaitu kemudahan mendapatkan media tanam juga sangat ramah lingkungan. Media tanam bisa dipilih dari arang sekam, cocopeat, sabut kelapa atau sabut gergaji. Untuk wadah, anda bisa menggunakan bahan daur ulang di sekitar rumah, seperti kaleng bekas (usahakan yang tidak mudah berkarat), botol plastik bekas, ember bekas. Berikut adalah Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Pekarangan Rumah.

Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Pekarangan Rumah

Bahan Yang Disiapkan

  • Benih
  • Rockwool
  • Pot tanam ukuran 20-30 cm
  • Wadah untuk menyemaikan benih
  • Wadah bekas, bisa botol plastik, ember bekas, kaleng cat bekas
  • Sumbu atau kain Flanel
  • Stereofoam
  • Pupuk AB-Mix

Penyemaian Benih

Potong rockwool menjadi kotak kotak kecil. Tempatkan dalam wadah kotak yang disediakan untuk menyemaikan benih. Basahi (ciprat ciprat) menggunakan air sampai rockwool basah. Usahakan air jangan sampai menggenang. Buat lubang pada rockwool menggunakan tusuk gigi atau jarum untuk meletakkan benih. Letakkan benih pada rockwool.

Tutup kotak tadi menggunakan plastik warna hitam. Letakkan di tempat teduh. Cek setiap hari untuk melihat apakah benih sudah berkecambah atau belum. Jika sprout (kecambah) sudah ada, buang penutup plastik. Kecambah perlu sinar matahari untuk tumbuh karena itu pindahkan kotak semai ke tempat sinar matahari berada. Usahakan jangan menempatkan kecambah di bawah sinar matahari langsung untuk menjaganya tidak layu.

Baca Juga :   Agar Cepat Untung, Simak Tips Budidaya Kubis Berikut!

Nutrisi Tanam

Nutrisi untuk hidroponik sederhana menggunakan AB-Mix. Campuran yang dikhususkan untuk tanaman hidroponik ini bisa dibeli di toko toko pertanian. Cara menggunakan AB-Mix pun terbilang mudah. Anda hanya perlu mencampur pupuknya menggunakan air. Usahakan untuk menggunakan air sumur atau air sungai. Air PAM bisa digunakan jika sudah diendapkan selama 7-10 hari.

Media Tanam

Anda bisa memulai menata media tanam hidroponik sederhana dengan melubangi pot bagian bawah dan samping menggunakan paku dipanaskan. Basahi dahulu kain flanel lalu letakkan di bawah pot. Tata sedemikian rupa sehingga kain flanel menjuntai ke bawah. Ujung kain flanel harus bisa terbenam ke dalam air di bawahnya. Ujung inilah yang nantinya menjadi sumbu sebagai media serapan air serta nutrisi untuk tanaman hidroponik sederhana kita.

Isi ember bekas/ kaleng bekas dengan air yang telah dicampur dengan AB-Mix. Isikan setengah dari tinggi wadah air. Tempatkan pot di atas ember/ kaleng tadi. Pastikan kain flanel bagian bawah  terendam di dalam air. Tanaman hidroponik sederhana anda sudah siap.

Perawatan Tanaman Hidroponik

Cara merawat tanaman hidroponik sederhana di atas tidak sulit. Pastikan tanaman mendapatkan sinar matahari untuk tumbuh. Anda tidak perlu menyiram, hanya perlu mengecek volume air dalam ember/ kaleng di bawah pot. Jika tanamn sudah agak besar, anda bisa tambahkan pecahan genting/ arang untuk tambahan media tanam.

Semoga artikel Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Pekarangan Rumah dapat menambah wawasan dan memberikan manfaat bagi anda. selamat ber kreasi.

Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Pekarangan Rumah | Kelompok Tani | 4.5
Leave a Reply