Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok

Rabu, Juli 27th, 2016 - Cara Budidaya, Perikanan

Cara budidaya ikan lele di kolam tembok – Budidaya ikan lele merupakan salah satu usaha yang banyak digemari oleh para peternak ikan, selain mudah perawatannya, budidaya ikan lele juga terbilang cepat. Peternak ikan lele hanya perlu menunggu 2 sampai 3 bulan untuk bisa panen, target pasar mereka biasanya adalah restoran atau rumah makan yang menyediakan menu olahan dari ikan lele.

Saat ini para pengusaha restoran atau rumah makan semakin berkembang, di satu lokasi saja biasanya lebih dari 1 pedangang makanan, banyak diantaranya menyediakan menu olahan ikan lele. Hal ini tentu  menjadi peluang bagi para pengusaha lele untuk beternak lebih banyak lagi. Saat artikel ini di tulis harga ikan lele berkisar antara 14.000 hingga 15.000 per kilogram. nah mari kita belajar cara beternak ikan lele.cara budidaya ikan lele di kolam tembok

Beternak ikan lele sangat mudah, media yang di gunakan pun dapat dengan mudah di buat, seperti ternak ikan lele kolam terpal, kolam tanah dan kolam tembok. Disini kita akan membahas lebih lanjut mengenai cara budidaya ikan lele di kolam tembok. Budidaya ikan lele di kolam tembok memiliki banyak keunggulan tapi juga ada kekurangannya. beberapa diantaranya sebagai berikut :

Keunggulan Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok

Budidaya ikan lele di kolam tembok memiliki beberapa keunggulan , dibandingkan dengan media lainnya :

1. Kolam tidak mudah rusak.

Dinding tembok tidak mudah rusak terkena air, dan panas, sehingga kolam tembok di nilai lebih hemat biaya dibandingkan dengan kolam terpal. selain itu kolam tembok lebih tahan, dan tidak mudah longsor layaknya kolam tanah.

2. Bisa digunakan berkali kali.

kolam tembok bisa digunakan berkali kali, berbeda dengan kolam terpal yang hanya bisa digunakan beberapa kali saja. bahkan ada yang sekali pakai tergantung kualitas terpal yang digunakan.

3. Tidak mudah bocor

Pada kolam tanah sering kali di temui lubang lubang yang di akibatkan oleh kepiting, hal ini bisa menyebabkan kebocoran pada kolam, namun pada kolam tembok hal ini tidak terjadi.

Baca Juga :   Langkah Praktis Dan Sederhana Ternak Kroto

Kekurangan Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok

1. Tidak bisa berpindah tempat.

Kolam tembok merupakan kolam permanen sehingga tidak bisa di pindah pindahkan kecuali membuat kolam baru.

2. Ikan mudah stres

Pada kolam baru biasanya masih terdapat hawa panas pada lapisan tembok, hal ini bisa menyebabkan stres pada ikan lele, bahkan menyebabkan matinya ikan.

Itu tadi beberapa kekurangan dan kelebihan budidaya ikan lele di kolam tembok. Budidaya ikan lele di kolam tembok memerlukan perlakuan khusus ketika awal anda membuat kolam tersebut.

cara budidaya ikan lele di kolam tembok

Hal hal yang perlu anda perhatikan dalam membuat atau mencoba budidaya ikan lele pada kolam tembok adalah sebagai berikut.

1. Lakukan perendaman kolam.

Setelah selesai pembuatan kolam tembok sebaiknya jangan langsung mengisi kolam dengan benih. panas dari semen akan membuat ikan lele stres dan mati, maka dari itu lakukan perendaman kolam kurang lebih selama 1 bulan sebelum anda mulai menaburkan benih.

2. Perhatikan sirkulasi air

Sirkulasi air sangat penting pada budidaya ikan lele di kolam tembok, karena kolam tembok mudah sekali panas ketika terik matahari. maka dari itu anda harus memperhatikan sirkulasi air, agar suhu pada kolam tetap terjaga, dan terhindar dari matinya lele akibat stres.

3. Berikan Batu batu atau bahan lain di dasar kolam

kolam tembok pada bagian dasarnya akan bersih, sehingga tidak ada tempat bersembunyi ikan. Anda dapat memberikan batu atau bahan lain untuk di letakan di dasar kolam sehingga ikan dapat berlindung. anda juga dapat memberikan kotoran ternak pada dasar kolam, fungsinya untuk memacu pertumbuhan plangton sebagai pakan ikan alami. Dengan demikian ikan anda akan menjadi sehat dan terhindar dari stres.

itulah sedikit ulasan mengenai Cara budidaya ikan lele di kolam tembok, kekurangan dan kelebihannya bisa anda jadikan pertimbangan untuk memulai membuat kolam. semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan dapat bermanfaat bagi anda. terimakasih.

 

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok | Kelompok Tani | 4.5
Leave a Reply