Budidaya Tanaman Hias Bonsai Jepang

Minggu, Mei 1st, 2016 - Tanaman Hias

Budidaya Tanaman Hias – Bonsai merupakan salah satu tanaman hias yang mempunyai fisik kerdil dan unik yang di kembangkan dengan teknik khusus pemotongan, pemangkasan, dan pengawatan yang berasal dari Jepang. Bonsai yang Anda temui di pasaran mungkin berharga puluhan bahkan sampai ratusan juta tergantung bentuk dasar dari tanaman bonsai tersebut.  Berikut adalah bentuk dasar dari budidaya tanaman hias bonsai yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk Anda dalam memilih bisnis budidaya tanaman hias.

Budidaya Tanaman Hias

Bentuk Dasar Tanaman Bonsai

Tegak Lurus (Chokkan)

Budidaya tanaman hias berbentuk chokkan ini batang pohon tegak lurus vertikal ke atas. Bonsai bentuk ini di katakan ideal jika memiliki diameter batang yang semakin ke atas semakin kecil di mulai dari batang dekat akar. Chokkan ini juga harus memiliki dahan yang berada di sisi depan dan belakang atau kiri dan kanan yang saling bersilangan satu sama lain. Jarak dahan makin naik ke atas makin sempit, dengan bentuk akar yang terlihat dari atas menjalar ke semua pejuru.

Tegak Berkelok-Kelok (Moyogi)

Untuk budidaya tanaman hias berbentuk moyogi, batang pohon harus tegak dan berkelok-kelok ke kiri dan ke kanan. Diameter batang semakin ke atas juga semakin mengecil dengan memperhatikan keseimbangan kiri dan kanan. Dahan yang paling bagus adalah dahan yang berada pada bagian puncak melengkung pada batang pohon. Dari pangkal batang hingga puncak pohon ditarik garis tegak lurus.

Miring (Shakan)

Bentuk dasar budidaya tanaman hias shakan ini mempunyai batang pohon miring ke satu sisi seperti tertiup angin. Batang pohon tumbuh hanya condong ke kanan atau ke kiri. Ciri khas dari bentuk ini mempunyai dahan di lengkungan batang berselang-seling ke sisi kanan kiri dan juga depan belakang.

Baca Juga :   Jenis Tanaman Hias Gantung Yang Berbunga

Menggantung (Kenggai)

Dalam pembentukan budidaya tanaman hias kenggai ini diibaratkan pohon tumbuh di dinding lembah yang terjal atau pada tebing tepi laut. Batang pohon bentuk kenggai ini tumbuh menggantung ke bawah dengan pucuk pohon melebihi dasar pot. Dan jika pucuk pohon tidak melebihi dasar pot maka itu di sebut dengan bentuk setengah menggantung (han kengai).

Kelompok (Yoseue)

Bentuk dasar yoseue ini mempunyai ciri khas dalam pot memiliki lebih dari satu pohon. Pohon bonsai yang ditanam bisa dari satu spesies, ataupun dari beberapa campuran spesies pohon bonsai yang lain. Kreatifitas juga bisa dilihat dari perpaduan benda-benda yang bisa diletakan dalam pot sebagai hiasan tambahan.

Itulah beberapa bentuk dasar budidaya tanaman hias bonsai yang mungkin bisa Anda pelajari dengan memilih salah satu bentuk yang paling mudah Anda kuasai tekniknya.

Budidaya Tanaman Hias Bonsai Jepang | Kelompok Tani | 4.5
Leave a Reply